Selamat Datang di Portal Desa Pagedangan.

Rabu, 22 November 2017

Syarat Pembuatan Akte Kelahiran


Ada beberapa persyaratan khusus yang harus dipenuhi dalam pembuatan akte kelahiran baru. Uraian di bawah ini akan menjelaskan tentang cara mengurus akte kelahiran.
Secara umum, persyaratan yang harus Anda lengkapi untuk mengurus Akte Kelahiran adalah sebagai berikut :



  1. Mengisi formulir yang disediakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (tersedia di Kecamatan atau Kelurahan) bermeterai Rp6.000.
  2. Surat Keterangan Kelahiran atau Surat Tanda Lahir/Kenal Lahir dari Dokter/Bidan/Rumah Sakit/Tempat melahirkan. Atau juga mungkin bisa saja ketika saat melahirkan berada di pesawat atau kapal laut maka, perlu juga mendapatkan surat keterangan dari Pilot/Nahkoda.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK) bagi penduduk tetap atau SKSKPNP bagi warga non permanen di tempat domisili tersebut sebanyak 2 lembar. NIK Anda harus sudah masuk dalam KK.
  4. Fotokopi Kartu Identitas Penduduk (KTP) orangtua (ayah dan ibu) sebanyak 2 lembar. Bisa juga kalau diperlukan menggunakan SKDS ataupun Surat Keterangan Pelaporan Tamu.
  5. Fotokopi buku nikah KUA atau Akte Pernikahan dari Catatan Sipil sebanyak 2 lembar, Isbat dari Pengadilan Agama, putusan atau penetapan Pengadilan Negeri.
  6. Keterangan kelahiran dari Kelurahan setempat dengan dibubuhi stempel basah atau asli.
  7. Fotokopi Akte Kelahiran suami istri sebanyak 2 lembar.
  8. Dua orang saksi untuk membuktikan tentang kelahiran di Dinas Pencatatan Sipil berikut fotokopi KTP yang bersangkutan (untuk hal ini mungkin di beberapa daerah, saksi tidak perlu ikut dalam pengurusan, cukup menyerahkan fotokopi KTP saja kepada pelapor atau orangtua anak).
  9. Surat keterangan dari lembaga sosial khusus untuk kelahiran anak penduduk rentan.
  10. Untuk Orang Asing agar melampirkan:
    1. Asli dan fotokopi paspor bagi warga negara asing.
    2. Asli dan fotokopi dokumen Imigrasi
    3. Surat tanda lapor diri dari kepolisian


Desa Pagedangan

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet nostrum imperdiet appellantur appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.



0 coment�rios:

Posting Komentar